"We didn't do anything wrong, but somehow, we LOST" Ungkap CEO Nokia ketika di akuisisi oleh Microsoft
Nokia tidak pernah melakukan kesalahan, namun apa yang dilakukan selama ini ternyata tidak mampu membendung laju dari I Phone dan Android yang terus berkembang, terakhir Blackberry pun menjadi mangsa kedua model ini.
Nokia adalah salah satu dari raksasa yang tumbang dari perkembangan bisnis yang cepat, saya coba menyampaikan Sony dengan Walkmannya atau Kodak dengan Polaroidnya atau yang saat ini sedang trending topic di Indonesia, si burung biru yang telah tergerus pasarnya oleh Transportasi Online.
Semua itu tidak terlepas dari bagaimana tetap membudayakan Inovasi? Nokia mempunyai budget 15% dari angka pennjualan mereka bukanlah kesalahan, semua budget yang dikeluarkan cukup besar sesuai dengan budget R&D pada umumnya.
Perubahan Paradigma
Resource Based View ( RBV ) VS Market Based View ( MBV )
RBV adalah sebuah paradigma yang dilakukan oleh perusahaan era di bawah tahun 2000, menyediakan fasilitas yang kemudian mengejar sales / penjualan. Saat ini beberapa perusahaan besar masih mempertahankannya, sebut saja GARUDA Indonesia, Kenyamanan adalah kuncinya. Jumlah armada yang besar dan nyaman menjadi nilai tersendiri. Apakah saat ini masih ampuh? Tunggu dulu, coba kita lihat yang berikutnya
MBV adalah Orientasi pada pasar, ketersediaan pasar yang membuat perusahaan ini akan selalu tumbuh. mengupas sedikit maskapai Air Asia, dengan low price mampu mendatangkan volum pengguna yang sangat besar, Ojek On Line dengan program awal subsidi, dapat menggunakan biaya iklan media menjadi dampak langsung kepada pengemudi dan penumpangnya.
Perubahan yang sangat cepat membutuhkan Inovasi tiada henti, dan untuk mendapatkan inovasi dapat menggunakan 4 Prinsip Utama:
1. Valuable ( Berharga )
2. Rare ( Jarang / Unik )
3. In-Imitable ( Susah di tiru )
4. Non-Substitute ( Tak Tergantikan )
Selain itu, anda juga dapat melakukan 10 Langkah menciptakan innovasi
Selain itu, anda juga dapat melakukan 10 Langkah menciptakan innovasi
Untuk metode, perusahaan anda dapat menggunakan TRIZ untuk memudahkan analisa inovasi yang anda butuhkan.
Dengan 4 Prinsip ini akan menjadikan sebuah perusahaan lebih unggul. Bagaimana dengan perusahaan anda?
Silahkan berdiskusi untuk mengembangkan perusahaan anda
Salam Sukses Berkah
Aditya Nugraha
Tidak ada komentar:
Posting Komentar