Selasa, 27 Desember 2016

Pemimpin sebagai Awal Perubahan

“ Leadership is taking responsibility while others are making excuses. ”
John C. Maxwell


Perjalanan menjadi seorang leaders mempunyai arti tersendiri dalam perjalanan sahabat saya, sedikit menceritakan sebuah pengalaman berharga ketika bergabung dengan perusahaan India. Dimana 80% Karyawan adalah karyawan kontrak, saat pertama kali menginjakan kaki di perusahaan tersebut sahabat saya pun tidak yakin akan perusahaan ini. Produk yang di hasilkan hanyalah alat bantu untuk mencuci piring, namun yang membuat aneh sahabat saya adalah mereka berani membayar lebih dibandingkan perusahaan ia sebelumnya yang sangat besar sebagai pembuat komponen di industri otomotif.

Seperti yang di sampaikan oleh Direktur operasional saat itu, perusahaan ini tidak besar namun mempunyai sejarah besar terbangunnya perusahaan besar lainnya. Wow, ada apa dengan sejarah? Ternyata si pemilik orang jerman, sebelum membangun 3 nama raksasa bisnis di bidang aerosol, pengharum ruangan, dan tisu basah. Ia mendirikan perusahaan ini. secara perkembangan kurang di bandingkan perusahaan lainnya, namun harus tetap hidup.

Oke akhirnya beliau memutuskan untuk join dengan perusahaan ini dan akhirnya berkenalan dengan setiap staff di sana, saya mendapatkan energi yang berbeda. Mereka mempunyai banyak nilai lebih di bandingkan perusahaan sebelumnya. Seperti:

Kekeluargaan
Generasi Muda
Aneka Ragam Budaya

Dengan konsep 3 Kebahagiaan
Pekerja, Perusahaan dan Pelanggan

Dengan kondisi yang ada, beliau berusaha untuk melakukan perubahan, dengan 3 kelebihan yang mereka miliki. Ia yakin bahwa kita dapat berubah untuk jauh lebih baik. Dengan konsep 3 Kebahagiaan, mereka melakukan perusahaan dengan melaksanakan program awal yaitu :
Sumbang Saran, awalnya yang ia dapatkan hanyalah keluhan. Dari 100 Karyawan, ia mendapatkan 120 lebar saran yang isinya keluhan. Melihat kondisi seperti ini, ia memutuskan untuk melakukan Focus Group Discussion bersama para staff. Hasilnya setiap briefing di ingatkan agar yang di masukan dalam saran adalah usulan perbaikan untuk kondisi area kerja. HASILNYA adalah mendapatkan 60 Ide luar biasa dari karyawan, ko hanya 60. saat itu mereka masih bingung seperti apa perbaikannya, setelah di pilih maka di dapatkan 5 Ide besar yang di implementasikan.

Penghargaan dari Manajemen
Mendengar hal tersebut, pihak kantor pusat tertarik dan ingin memberikan apresiasi. Untuk pertama kalinya kami mengadakan panggung 17an yang di hadiri oleh Direktur Operasional sekaligus memberikan penghargaan kepada para pejuang perbaikan.
Setelah acara tersebut kami tidak di kenal lagi dengan perusahaan kecil, tapi perusahaan ia menjadi benchmark perusahaan lain. Mereka bekerja dengan lebih baik di bandingkan sebelumnya.

Prestasi Internasional
Puncak dari kejutan prestasi adalah ketika mereka berhasil menembus 3 besar di sebuah Event International, seperti tidak percaya namun ini terjadi. Memberikan decak kagum dan perhatian dari Manajemen lainnya.
Apa yang dapat kita Pelajari
Seorang pemimpin adalah mengambil tanggung jawab, bukan berbicara ia punya apa tetapi ia mempelajarai kekurangan dan berpresetasi dengan kekurangan yang ada. Mungkin ia bisa untuk segera berpindah ke lain tempat, namun ia mencoba untuk berprestasi disana.
Bagaimana dengan anda? Sudahkah menjadi seorang Great Leaders? Berikut saya lampirkan artikel yang di dalamnyamengupas beberapa karakter leader. Semoga bermanfaat.


Selamat beraktifitas dan jadikan hari anda menjadi luar biasa.


Salam SuksesBerkah


Aditya Nugraha 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar